Apakah pengertian vektor hospes penyakit dan bagaimana cara pengendalianya

 on Rabu, 28 Januari 2015  

Pengendalian Vektor dan Hospes Penyakit
Vektor adalah hewan yang berperan membawa atau menularkan suatu penyakit, tetapi agen penyebab penyakit tersebut tidak mengalami perkembang-biakan pada tubuh hewan tersebut. Sebagai contoh penyakit yang ditularkan lewat vektor antara lain: lalat menularkan penyakit disentri. malaria, DHF.

Induk semang atau hospes dapat dibedakan menjadi 2 yaitu hospes sejati (definitif) dan perantara. Induk semang sejati adalah makhluk hidup dimana penyebab penyakit melangsungkan kehidupan dan berkembang-biak. Induk semang perantara adalah makhluk hidup yang ditempati oleh agen penyakit yang mana agen penyakit tersebut hanya mengalami pertumbuhan dan perkembangan tetapi tidak
berkembang-biak. Biasanya induk semang berperan menularkan suatu penyakit ke induk semanng lainnya. Sebagai contoh: nyamuk Anopheles sp. menularkan malaria. Kucing menularkan penyakit Toxoplasmosis. Nyamuk Aedes aegypti menularkan demam berdarah Dengue (BDB).

Pengendalian vektor dan hospes penyakit dapat dilakukan dengan berbagai cara yakni mekanik, kimiawi, dan biologis.
  •  Secara mekanik dengan memberantas tempat hidup (sarang) yang disukai vektor dan hospes    penyakit tersebut. Sebagai contoh: program M-3 (menutup, menguras, dan mengubur).
  •  Secara kimiawi dengan menggunakan obat-obatan pembasmi vektor dan hospes penyakit tersebut. Sebagai contoh: pemberantasan nyamuk dengan menggunakan insektisida (DDT), larvisida (abate) dsb.
  • Secara biologis dengan menggunakan predator (hewan pemangsa) vektor dan hospes penyakit tersebut. Sebagai contoh: pemberantasan nyamuk menggunakan ikan, bakteri, cacing, dan jenis nyamuk lainnya.
  • Secara terpadu yaitu menggunakan ketiga cara tersebut bersamaan. Cara terpadu merupakan cara pengendalian vektor dan hospes penyakit yang terbaik dan efektif.
Apakah pengertian vektor hospes penyakit dan bagaimana cara pengendalianya 4.5 5 om Rabu, 28 Januari 2015 Pengendalian Vektor dan Hospes Penyakit Vektor adalah hewan yang berperan membawa atau menularkan suatu penyakit, tetapi agen penyebab peny...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.