Tahap pertama dalam membuat mebel

 on Selasa, 27 Januari 2015  

1. Menyiapkan Komponen Mebel
Lembaran papan hasil penggergajian sebaiknya dipilih lebih dulu sebelum digunakan untuk pekerjaan pembuatan mebel maupun konstruksi kayu.
Potongan terbuang pada papan tepi lebih lebar dibandingkan dengan papan tengah, karena kayu gubal pada papan tepi masih lebar dan itu harus dibuang supaya kayu yang digunakan terpilih dengan baik.
Mata kayu yang terdapat pada lembaran papan sebaiknya dibuang supaya lembaran papan yang dipakai berkualitas baik.


Mata kayu yang terdapat pada lembaran papan hati papan galih berbentuk sayap dan mudah lepas untuk itu harus dibuang dan jangan digunakan untuk pembuatan mebel maupun konstruksi kayu Kualitas yang paling baik dari penggergajian lembaran papan adalah pada kayu inti karena kondisi kayu ini sudah cukup tua dan stabil bentuknya. Sedangkan bagian tepi dari lembaran papan adalah kayu gubal, sebaiknya tidak dipakai dan menjadi potongan terbuang yang tidak digunakan untuk pembuatan mebel

Pada saat menyiapkan lembaran papan maka harus dipilih bagianbagian papan yang baik saja supaya menghasilkan kualitas pekerjaan yang baik pula.
Karena kesalahan penyiapan benda kerja berakibat jelek terhadap kelanjutan pekerjaan bahkan sampai tahap penyelesaian akhirpun nanti bermasalah, maka dari itu harus dilakukan dengan teliti dan memperhatikan kualitas.

Menyiapkan benda kerja dalam ukuran jadi/bersih sebaiknya memperhatikan langkah - langkah kerja yang benar dan sistematis,
seperti berikut ini:
Pertama mengetam sisi lebar papan (muka 1) lebih dulu sampai ukuran bersih yang diinginkan, selanjutnya beri tanda bahwa pengetaman telah selesai dengan baik.
Kedua mengetam sisi tebal papan (muka 2) sampai ukuran yang diinginkan.
Ketiga memberi tanda hasil pengetaman bahwa permukaan papan yang lebar (muka 1) telah tegak lurus dengan permukaan papan yang tebal (muka 2).
Keempat mengetam sisi papan yang tebal (muka 3).
Kelima mengetam sisi papan yang lebar (muka 4).
Keenam memotong ukuran panjang papan sesuai garis potong yang telah ada.
selanjutnya baca juga di cara
Membuat Komponen Mebel Bentuk Sederhana
Tahap pertama dalam membuat mebel 4.5 5 om Selasa, 27 Januari 2015 1. Menyiapkan Komponen Mebel Lembaran papan hasil penggergajian sebaiknya dipilih lebih dulu sebelum digunakan untuk pekerjaan pembuatan ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.