Inilah macam-macam jenis vaksin yang digunakan sebagai antibodi mencegah penyakit

 on Kamis, 29 Januari 2015  

Beberapa contoh vaksin yang sering digunakan untuk mencegah timbulnya penyakit adalah:
  1. Vaksin TCD
  2. Vaksin tetra mengandung bibit-bibit penyakit kolera, tifus, paratifus A dan paratifus B yang sudah dimatikan atau dilemahkan. Tetra berarti empat, sesuai dengan jumlah kuman yang  terkandung di dalam vaksin tersebut. Vaksin tetra juga disebut sebagai vaksin kotipa (kolera,  tifus, dan paratifus).
  3. Vaksin BCG (singkatan dari Bacille Calmette Guerin). Vaksin BCG tediri dari basil-basil  TBC hidup tetapi telah dilemahkan sehingga tidak berbahaya lagi. Penyuntikan vaksin inipada bayi atau anak-anak, diharapkan memberikan kekebalan terhadap serangan penyakit TBC. Vaksin BCG bukan dipakai untuk mengobati penyakit TBC dan juga bukan untuk mengetahui apakah seseorang menderita penyakit TBC. Suntikan vaksin BCG diberikan khusus untuk mendapatkankekebalan yang khas, yakni kekebalan terhadap penyakit TBC.
  4.  Vaksin cacar
  5.  Vaksin Salk ialah vaksin yang diberikan kepada anak-anak untuk mendapat kekebalan terhadap penyakit polio penyakit lumpuh anak-anak).6Vaksin Otten ialah vaksin yang disuntikan kepada orangorang untuk mendapatkan \ kekebalan terhadap penyakit pes.
    Vaksin TCD, vaksin tetra, dan vaksin cacar disebut vaksin mati. Lawannya ialah vaksin hidup, misalnya.

Jenis-jenis Imunisasi
Pada dasarnya ada 2 jenis imunisasi, yaitu:
  1. Imunisasi pasif (Pasive Immunization). Imunisasi pasif ini adalah immuno-globulin. Jenis imunisasi ini dapat mencegah penyakit campak (measles pada anak-anak).Imunisasi aktif 
  2. (Active Immunization). Imunisasi yang diberikan pada anak adalah: BCG untuk mencegah penyakit TBC. DPT untuk mencegah penyakit-penyakit difteri, pertusis, dan tetanus. Polio untuk mencegah penyakit poliomielitis. Campak untuk mencegah penyakit campak(measles).
  3. Imunisasi pada ibu hamil dan calon pengantin adalah imunisasi tetanus toksoid. Imunisasi ini untuk mencegah terjadinya tetanus pada bayi yang dilahirkan. Tujuan Program ImunisasiProgram imunisasi bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Pada saat ini, penyakit-penyakit tersebut adalah disentri, tetanus, batuk rejan (pertusis), campak (measles), polio dan tuberkulosa.

Inilah macam-macam jenis vaksin yang digunakan sebagai antibodi mencegah penyakit 4.5 5 om Kamis, 29 Januari 2015 Beberapa contoh vaksin yang sering digunakan untuk mencegah timbulnya penyakit adalah: Vaksin TCD Vaksin tetra mengandung bibit-bibit p...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.