Apa saja tahap-tahap pengolahan data pada siklus informasi

 on Selasa, 10 Februari 2015  

Data dan Informasi
Dalam ilmu teknologi informasi dan komunikasi, kita akan dihadapkan pada suatu masalah yaitu data dan informasi. Keduanya akan terealisir dalam kehidupan sehari-hari di mana kita akan selalu berhubungan dengan data dan informasi. Semakin banyak data yang terkumpul, maka semakin banyak pula informasi yang dipunyai atau sebaliknya.

Data adalah fakta berupa bahan mentah yang belum mengandung arti yang dapat diterima dan diolah oleh komputer. Secara konseptual, data adalah gambaran tentang benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi. Data dapat berupa huruf, angka, letak, gambar, dan sebagainya. Data-data tersebut masih belum bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut agar menghasilkan sebuah
informasi yang bermakna. Informasi (information) merupakan data yang telah diolah atau diproses sedemikian rupa sehingga mempunyai arti atau makna bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan.

Pengolahan data sehingga menjadi informasi yang baik di dalam komputer terkenal dengan nama Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Procecing (EDP). PDE adalah memanipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

Kegiatan penyusunan data bertujuan untuk mendapatkan informasi secara cepat dan akurat. Informasi dapat diartikan sebagai suatu hasil kegiatanpengolahan data yang lebih berarti dari suatu kejadian, keadaan, atau peristiwa yang masih berbentuk data mentah. Bentuk informasi yang dihasilkan oleh komputer berupa teks, angka, simbol, gambar, suara, sinyal, dan grafik.


Siklus Informasi
Data merupakan bahan mentah yang harus diolah sehingga menjadi informasi yang lengkap dan menjadikannya lebih bermakna serta menjadi bahan jawaban pertanyaan dan dapat berdaya guna dalam bentuk informasi yang lebih akurat. Untuk mendapatkan informasi yang diharapkan sangat
diperlukan adanya faktor pendukung, yaitu input yang berupa data serta proses pembuatan. Data tersebut akan ditangkap sehingga input akan diproses kembali lewat suatu model sistem dari berbagai informasi atau lebih dikenal dengan istilah siklus pengolahan data

Tahapan dalam proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle) adalah input, procecing, dan output. Model umum sistem terdiri dari 2 model.

Berikut adalah contoh dari model sistem sederhana.
  • Program perhitungan Pascal, nilai dimasukkan setelah dijalankan (running).
  • Data mahasiswa berupa nim, nama, nil_uts, nil_uas, tgs, nil_abs, diproses menjadi daftar hasil studi semester berupa laporan.

Di dalam siklus informasi terdapat 7 (tujuh) tahapan sebagai berikut.
1) Data
Data merupakan bentuk yang masih mentah yang belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut, sebagai contoh data pribadi mahasiswa, data nilai siswa, data quesioner, dan data guru. Hal ini belum bisa bercerita banyak ke lembaga.

2) Input
Data-data yang ada diinputkan untuk segera ditindaklanjuti ke dalam proses pengolahan.

3) Proses
Data-data yang telah diinputkan melalui dan menggunakan suatu model tertentu. Contohnya nilai mahasiswa yang dihasilkan berupa nilai angka, di mana data ini masih kurang tepat bagi penerimanya jika terbiasa dengan grade. Supaya lebih tepat, maka diolah dengan model
perhitungan dengan range untuk mendapatkan grade nilai. Pada proses ini data-data tersebut disimpan ke dalam database dan dapat diambil kembali untuk melakukan suatu proses.

4) Output
Data-data yang telah diproses dengan model tertentu, selanjutnya menghasilkan informasi.

5) Penerima
Penerima selanjutnya menerima informasi tersebut. Hal ini penerima merupakan orang yang berkepentingan dengan informasi tersebut.

6) Keputusan dan tindakan
Penerima yang telah menerima informasi tersebut, selanjutnya membuat suatu keputusan dan melakukan suatu tindakan.

7) Hasil tindakan
Penerima yang telah membuat suatu keputusan dan melakukan suatu tindakan, maka akan menghasilkan suatu tindakan yang akan membuat sejumlah data lagi. Data-data tersebut dikumpulkan sebagai input, selanjutnya diproses kembali melalui suatu model dan seterusnya.
Apa saja tahap-tahap pengolahan data pada siklus informasi 4.5 5 om Selasa, 10 Februari 2015 Data dan Informasi Dalam ilmu teknologi informasi dan komunikasi, kita akan dihadapkan pada suatu masalah yaitu data dan informasi. Keduan...


2 komentar:

  1. Terimakasih bos..sangat membantu

    BalasHapus
  2. Penjelasan tentang tahap-tahap pengolahan data pada siklus informasi cukup jelas dan bermanfaat bagi Saya. Artikel yang cukup menarik dan akan lebih menarik jika ada gambar pendukungnya. Terimakasih.


    Izin share blog ya
    Jangan lupa kunjungi blog sederhana saya di
    www.ahmadsi2b.blogspot.com

    dan kunjungi pula
    www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.