Perkakas dan instrumen yang berkaitan dengna bidang komunikasi

 on Minggu, 01 Februari 2015  

Dalam setiap perawatan atau perbaikan piranti elekronika khususnya pada bidang telekomunikasi
atau lebih-lebih dalam perencanaan sistem atau pemeliharaan perangkat telekomunikasi, maka keberadaan parkakas penunjang haruslah yang baik dan tepat. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui dan memahami berbagai piranti atau instrumen telekomunikasi tersebut. Istilah piranti dan instrumen ada yang menyebut sebagai perkakas. Antara instrumen dan sistem yang diukur tersebut seperti masalah telur dengan ayam (chicken-and-egg), mana yang dahulu dan mana yang terakhir, karena instrumen digunakan untuk merancang dan memperbaiki sistem sedangkan sistem juga digunakan untuk membuat instrumen.

Dalam merancang atau memperbaiki sistem telekomunikasi elektronika diperlukan perkakas atau perangkat untuk membuat desain, memperbaik atau hanya untuk pengujian. Instrumen- instrumen yang digunakan dalam sistem telekomunikasi sangat banyak macam, bentuk dan fungsinya. Dari yang paling sederhana sampai yang paling komplek dengan harga yang tidak murah. Instrumen tersebut tentunya sangat perlu untuk diketahui tentang bagaimana penggunaan yang benar. Dengan demikian apabila penggunaan instrumen sesuai dengan petunjuk pemakainya maka instrumen tersebut dapat mencapai efisiensi yang maksimal. Perkakas dan instrumen yang digunakan berkaitan dengan bidang telekomunikasi dikategorikan dalam tiga jenis. Ketiga jenis itu adalah sebagai berikut:

1. Perkakas manual
2. Perkakas elektrik
3. Perkakas komputer
Perkakas manual adalah peralatan-peralatan teknik yang digunakan secara manual. Artinya bahwa perlatan itu hanya dapat dipakai dengan bantuan tenaga manusia. Penggunaan perkakas ini dalam bidang telekomunikasi sangat penting dan cukup membantu.

Perkakas elektrik adalah semua peralatan yang digunakan dalam bidang telekomunikasi dengan bantuan tenaga listrik. Peralatan ini tidak dapat bekerja bila tidak dicatu dengan aliran
listrik. Selain tenaga listrik dapat juga digunakan sumber catu tenaga yang lain yaitu batere atau
aki (accumulator). Perkakas komputer adalah peralatan atau piranti yang bekerja dengan prinsip-prinsip komputer. Prinsip komputer merupakan suatu proses peng-olahan, manipulasi, penyimpanan dan berbagai fungsi lain yang bekerja dengan piranti elektronika digital.

Perkakas dan instrumen yang berkaitan dengna bidang komunikasi 4.5 5 om Minggu, 01 Februari 2015 Dalam setiap perawatan atau perbaikan piranti elekronika khususnya pada bidang telekomunikasi atau lebih-lebih dalam perencanaan sistem a...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.